Translate

Posted by : Mukty Ginanjar Nurfalah Rabu, 15 Maret 2017

Bro, mungkinkah kita termasuk Generation Y? Generasi yang selalu tersambung dengan internet dan sosial media dimanapun berada dan setiap waktu bersentuhan dengan internet…!
Network Generation atau biasa disebut Net Generation sebenarnya memiliki makna sama dengan sebuah sebutan bagi generasi yang tergantung pada teknologi yang sering disebut Generation Y namun dengan catatan mereka lebih bertanggung jawab dengan aktivitas network yang dijalani. Hampir 24 Jam tersambung koneksi internet dengan beragam gadget yang dimiliki mulai dari laptop hingga ipod.”

Hasil gambar untuk generasi yPenasaran mengenai generasi Y yang semakin hari semakin bertambah akibat pengaruh teknologi ini? Mari kita cari tahu! Check it dot !
Asal Usul Generation Y
Generation Y sebenarnya lahir sejak lama sekitar pertengahan 1980-an dan hingga saat ini. Generasi Y profesional yang berusia 20-an dan akan memasuki dunia kerja. Dengan jumlah diperkirakan sebanyak 70 juta. Generasi Y juga dikenal sebagai generasi milenium yakni segmen usia muda 12 sampai 30 tahun dengan pertumbuhan tercepat yang berada dalam lingkungan teknologi serta berpendidikan tinggi.
Namun kepopuleran Genertion Y muncul ketika sebuah editorial tahun 1993 menuliskan dan menggambarkan mengenai generasi baru yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Cek Video Mengenai Apa itu Generation Y dan Siapa Mereka di Link Youtube berikut atau di link about.com disini.
Berikut adalah karakteristik dari Generasi Y, Siapa Mereka dan Bagaiamana Kepribadiannya dalam kehidupan sehari-hari:

# Tech-Savvy alias Melek Teknologi
“Generasi Y tumbuh dengan teknologi dan bergantung padanya untuk melakukan pekerjaan mereka lebih baik. Berbekal BlackBerry, laptop, ponsel dan gadget lainnya. Generasi Y terhubung hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Generasi ini lebih suka berkomunikasi melalui e-mail dan pesan teks daripada kontak tatap muka dan memilih webinar dan teknologi online untuk presentasi berbasis kuliah.”

# Family-Centric atau Berpusat Pada Keluarga
“Generasi Y bersedia untuk membayar tinggi untuk sedikit jam yang hilang, jadwal yang fleksibel dan keseimbangan kerja/hidup yang lebih baik. Sementara generasi tua dapat melihat sikap ini sebagai narsis atau kurang komitmen tetapi disiplin. Generasi Y profesional memiliki visi yang berbeda dalam hal pekerjaan dan memprioritaskan keluarga selama bekerja.”

# Achievement-Oriented Alias Berambisi pada Prestasi
“Dipelihara dan dimanjakan oleh orang tua yang tidak ingin membuat kesalahan generasi sebelumnya, Generasi Y adalah tipe generasi percaya diri, ambisius dan berorientasi prestasi. Mereka memiliki harapan yang tinggi dalam dunia kerja, mencari tantangan baru dan tidak takut kepada otoritas pertanyaan. Generasi Y menginginkan pekerjaan yang berarti dan padat.”

# Team-Oriented alias Sangat Beorientasi pada Sebuah Team kerjasama
“Sejak anak-anak, Generasi Y berpartisipasi dalam tim olahraga, kelompok bermain dan kegiatan kelompok lainnya. Mereka menghargai kerja tim dan mencari masukan dan penegasan dari orang lain. Generasi Y adalah tipe setia, berkomitmen dan ingin terlibat. dalam sebuah ide dan proyek serta memecahkan masalah.”

# Attention-Carving alias Haus Perhatian
“Generasi Y haus perhatian dalam bentuk umpan balik dan bimbingan. Mereka menghargai yang ada disekitar mereka dan sering memerlukan pujian dan keyakinan. Generasi Y sering mencari mentor yang dapat membantu membimbing dan mengembangkan karir muda mereka.”

# Peduli Lingkungan Sekitar dan Kesehatan Mereka
“Generasi Y adalah tipikal orang yang berjiwa sosial dan peduli dengan lingkungan sekitar. Mendukung Green Earth dan Save The World dan World Peace. Selain itu mereka termasuk tipe yang memperhatikan kesehatan diri.”

Jadi Bro, gimana nih, apakah kita salah satu diantara mereka? Yang jelas generasi muda profesional saat ini tampak seperti karakteristik di atas. Salah satu contoh nyatanya mungkin Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey.

Catatan: bukan termasuk yang hanya main-main dalam dunia network dan teknologi namun generasi Y memanfaatkan teknologi untuk berkembang dan meraih apa yang dicita-citakan serta menjadikan teknologi sebagai kemudahan dalam bekerja.


- Copyright © Resimen Kita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Author By Mukty G.N -

SGT Sergeant - Military Army Rank